Jakarta, publiksultra.com — Tentara Israel mengklaim menembak mati empat warga Palestina di perbatasan Gaza pada Sabtu pagi (10/8). Baku tembak ini terjadi ketika warga Palestina bersiap merayakan Idul Adha.

Dikutip AFP, pasukan Israel melepaskan tembakan setelah salah satu warga Palestina berhasil menerobos perbatasan dan melemparkan granat. Tidak ada korban dilaporkan dari pihak Israel.

baca juga : Lagi Galau Milih Pekerjaan? Berikut 3 Tips yang Bisa Membantu Anda

“Tentara melepaskan tembakan setelah salah satu warga Palestina memanjat pembatas dan melemparkan granat ke arah tentara,” kata seorang juru bicara militer.

Ketegangan di perbatasan Gaza terus berlangsung sejak Palestina melakukan demo besar-besaran dan terjadi bentrokan hebat pada Maret 2018.

Demonstran Palestina menuntut pencabutan blokade Israel. Massa meminta dikembalikannya tanah mereka yang duduki Israel.

Setidaknya 301 warga Palestina tewas di tangan pasukan Israel sejak protes bertajuk ‘Great March of Return’ dimulai. Sementara hanya tujuh orang Israel terbunuh.

Akan tetapi, insiden Sabtu ini dianggap tidak biasa karena kubu Palestina dilengkapi persenjataan militer.

“Para teroris dilengkapi dengan senapan serbu AK-47, peluncur granat atau RPG dan granat tangan,” kata militer Israel.

Sebenarnya ketegangan antara Israel dan Hamas sedikit mereda setelah dilakukannya gencatan senjata yang diprakarsai para pejabat PBB dan Mesir.

baca juga : Tim catur lndonesia bawa pulang tujuh emas dari Kejuaraan Bangkok

Dalam gencatan senjata tersebut Israel setuju untuk untuk mengurangi blokade keamanan di Gaza. Israel dan Hamas sendiri telah tiga kali berperang sejak 2008.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dianggap memang ingin menghindari gejolak mengingat Israel bersiap melakukan pemilu pada 17 September mendatang yang merupakan pemilihan kedua di 2019. (dea)

sumber: cnnindonesia

Load More Related Articles
Load More By publiksultra
Load More In Berita

Baca Juga

Saat Erick Thohir Dikira Sebagai Menteri Jokowi

Jakarta, Publiksultra.com – Usai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Jo…