Bandung – Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) memberikan sinyal dukungan atas wacana pegawai negeri sipil (PNS) bekerja dari rumah. RK menilai saat ini beberapa bidang memungkinkan dikerjakan di luar kantor.

baca juga : Tyson Ungkap Kesalahan Terbesar dalam Hidup

Menurutnya wacana PNS bekerja dari rumah bukan tidak mungkin terealisasi. Asalkan, sambung dia, individu PNS tersebut bisa berkomitmen menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik.

“Ujung dari sebuah pekerjaan adalah produktivitas. Jadi cara bisa menyesuaikan, selama target dan produktivitas bisa dipertanggungjawabkan. Jadi saya pada dasarnya akan memantau dulu wacana PNS kerja di rumah ini,” kata RK di Bandung, Minggu (11/8/2019).

Ia menuturkan pekerjaan yang berpeluang dilakukan PNS di rumah biasanya berkaitan dengan teknologi. Artinya, pekerjaan tersebut lebih fleksibel dan tidak bersentuhan langsung dengan publik.

“Misalnya aduan online, itu bisa dikerjakan di mana saja tanpa harus bertemu orang. Segala sesuatu yang pertemuan fisiknya bisa dikonversi oleh teknologi saya kira itu masih memungkinkan,” jelas dia.

Meski begitu, ia berharap pemerintah mengkaji lebih jauh kekurangan dan kelebihan wacana PNS bekerja dari rumah. Sebab, masih banyak pekerjaan PNS yang masih harus bertatap muka dengan masyarakat.

baca juga : Polisi Tangkap Empat Orang Kencingi Bendera Merah Putih

“Tapi kan tidak semuanya bisa begitu, ada hal-hal yang harus bertemu muka melakukan kegiatan, perlu dikaji lagi namanya juga eksperiman tentunya ada plus minus,” ujar RK.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraasi (PANRB) membuka wacana pegawai negeri sipil (PNS) bekerja dari rumah. Pemerintah akan mendesain sistem kerja seperti halnya perusahaan rintisan atau startup.(mud/ern)

sumber: dtk.com

Load More Related Articles
Load More By publiksultra
Load More In Berita

Baca Juga

Saat Erick Thohir Dikira Sebagai Menteri Jokowi

Jakarta, Publiksultra.com – Usai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Jo…