publiksultra.com, konsel – Konawe Selatan  adalah salah satu kabupaten dengan lumbung potensi sumber daya alam di Sulawesi Tenggara yang kaya dan perlu dioptimalkan dengan baik, dengan sumber daya yang dimiliki saat ini seharusnya pemimpin selanjutnya dapat membawa konsel bersaing hingga di level Internasional

Jika kita melihat dan mengurai secara mendalam sangat banyak potensi yang terdapat di konawe selatan yang sangat perlu dimaksimalkan, baik itu dari hasil lautnya, bahan mentah, pariwisata hingga hasil tambangnya.

ditinjau dari hasil lautnya, terdapat beberapa desa yang masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan, contohnya saja desa torobulu yang tiap harinya menjual hasil tangkapan ikan, yang cukup disayangkan jika hasil produksi ikan tersebut tidak diekspor ke negara luar, kita bercermin dan membandingkan dengan beberapa daerah yang memiliki potensi yang sama contohnya saja Kupang NTT yang sudah mengexport hasil ikannya hingga ke Australia.

baca juga : Hasil SBMPTN Diumumkan 9 Juli Pukul 15.00 WIB

dan masih banyak lagi potensi-potensi lainnya, Kolono dengan kebun kelapa, Hutan Sagu, Budidaya Karamba, Lahan Tambak, Kepiting lumpur, Nener, Tinaggea dengan Home Industri Terasi, Lainea Perkebunan Tebu, Landono sekitarnya Merica, Coklat Moramo Perkebunan Nila,  Jambu mete, Kelapa Sawit, Kayu  Jati, Tambang Nikel, Batu Moramo

Pariwisata juga tak kalah hebatnya, diantaranya Taman Nasional Rawa Aopa watumohai yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai taman nasional tahun 1989, sekarang bagaimana perkembangannya?

Sebenarnya sangat disayangkan jika potensi wisata yang terdapat konawe selatan ini tidak terekspose hingga ke luar negeri, mengingat dengan potensi darat dan laut yang dimiliki konawe selatan ini dapat menjadi magnet untuk menjadikan konsel sebagai destinasi warga asing dari luar negeri seperti layaknya pulau wakatobi, kunci utamanya adalah  “pemanfaatan teknologi informasi”, dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat saat ini, tidak sulit untuk mempromosikan potensi yang terdapat di daerah secara meluas dan masif hingga ke seluruh penjuru dunia.

Pendidikan yang ada di konsel juga perlu untuk segera ditingkatkan, melihat beberapa kabupaten yang ada di sulawesi tenggara kini telah memiliki perguruan tinggi di daerahnya masing-masing, di konawe dengan univ. lakidende, kolaka dengan univ 11 november, bau-bau dengan  Univ. unidayan dan masih banyak lagi. calon pemimpin di konsel nantinya perlu memperhatikan ini melihat dari kondisi geografis dan jumlah persebaran penduduk, konsel sudah selayaknya memiliki perguruan tinggi. faktor perguruan tinggi dapat menjadi pemicu meningkatnya index pembangunan di suatu daerah.

baca juga : Menag kembali menegaskan tidak akan hapus pendidikan agama

Bantuan berupa dana desa dari pemerintah pusat yang didistribusikan secara merata ke desa-desa menjadi salah satu solusi pemecahan masalah yang terjadi di konawe selatan, bantuan dana desa jika dioptimalkan dengan baik akan banyak menyelesaikan masalah yang ada di konawe selatan

dengan dana yang dimiliki desa-desa dapat membangun Sistem Online yang terintegrasi, wadah berbasis digital inilah yang kelak akan mempromosikan kekayaan yang terdapat di desa tersebut (sistem informasi potensi sumber daya desa) yang ditopang dengan media online dan media sosial yang ada, untuk merealisasikan hal tersebut pemerintah akan mengalami kesulitan disebabkan keterbatasan sumber daya yang dimiliki sehingga perlu melibatkan Pengusaha-pengusaha lokal, dan tentu bukan pengusaha yang “itu-itu saja” tapi betul-betul pengusaha lokal yang memiliki potensi dan keahlian dalam membangun suatu daerah.

Pengusaha yang dilibatkan setidaknya harus memiliki Sertifikat Angka Pengenalan Import / Export (API) dari Depperindak, Registrasi kapabeanan (izin Export Import dari Dirjen Keuangan) adalah suatu kepercayaan dan Kepastian jaminan Hukum merupakan syarat untuk menghadirkan iklim investasi yang sehat. dalam bentuk Letter Of Credit (LC) menjadi salah satu Gairah untuk mendatangkan investor / Buyer dari luar Negeri, sekaligus promosi sumber daya alam daerah setempat.

dengan potensi yang dimiliki saat ini jika dikelola dengan baik oleh pemerintah dan pengusaha lokal dapat dipastikan konawe selatan akan memiliki daya saing di tingkat nasional bahkan internsional, sehingga memberikan keuntungan lebih kepada daerah terutama masyarakat konawe selatan.

Sumber: H.M Said Dahlan (Tokoh Pengusaha dan Pemerhati Pendidikan)

Load More Related Articles
Load More By publiksultra
Load More In Berita

Baca Juga

PSHI desak KPK Buktikan Keterlibatan Mekeng Dalam Kasus PLTU Riau

PUBLIKSULTRA.COM – JAKARTA. Perkumpulan Sarjana Hukum Independen (PSHI) mendesak KPK…