SITUBONDO, PUBLIKSULTRA.COM – Latihan bersama Marinir TNI AL dan Amerika Serikat (USMC) di Situbondo terus berlanjut. Kali ini latihan mengkolaborasikan manuver prajurit Marinir kedua negara.

Materi yang diusung yakni Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK) dan serangan. Latihan tersebut merupakan salah satu materi Latma Platoon Exchange (Platex) 2019.

baca juga : Tentara Israel Klaim Tembak Mati Empat Warga Palestina

Dalam latihan tersebut, prajurit Marinir TNI AL dan USMC berhasil menemukan dan menghancurkan musuh. Latihan tersebut berlangsung di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Melalui rilisnya, Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, materi latihan GMUK dan Serangan bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Marinir kedua negara. Khususnya kerjasama dalam manuver pasukan di lapangan.

“Selain GMUK dan Serangan, dalam Latma Platoon Exchange tahun 2019 juga dilatihkan beberapa materi lainnya. Di antaranya patroli tempur, menembak reaksi, pertempuran jarak dekat dan jungle survival,” kata Eko Budi Prasetyo, Sabtu (10/8/2019).

baca juga : Tim catur lndonesia bawa pulang tujuh emas dari Kejuaraan Bangkok

Selain Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Komandan Satgas Latma Platex 2019, latma juga disaksikan Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro. Turut hadir Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, dan Kapten USMC Alfarado. Untuk latihan manuver lapangan ini di bawah komando Lettu Marinir Presly.

Latma Platex ini akan berlangsung hingga 27 Agustus 2019 dengan daerah latihan meliputi Mako Yonif 3 Marinir Gedangan, Puslatpurmar 5 Baluran dan di Hutan Selogiri Banyuwangi. (h/dtk)

Sumber : detikNews /  Editor : HSP

Load More Related Articles
Load More By publiksultra
Load More In Berita

Baca Juga

Saat Erick Thohir Dikira Sebagai Menteri Jokowi

Jakarta, Publiksultra.com – Usai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Jo…