Lombok Timur – Aktivitas kegempaan di Gunung Rinjani berada pada level dua atau waspada. Pendaki dan pengunjung diingatkan agar berhati-hati.

Berdasarkan data penyusun laporan pos pengamatan Gunung Api Rinjani, Lalu Zulkarnain pada 20 September 2019 pukul 00.00-24.00 Wita, disebutkan terjadi 3 kali gempa dengan frekuensi rendah, 4 kali vulkanik dalam dan 3 kali tektonik lokal.

baca juga : Aksi Massa di Depan KPK Sempat Ricuh Usai Bakar Ban

Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani dan pendaki atau wisatawan disarankan agar tidak beraktivitas dan berkemah di dalam area tubuh Gunung Barujari, termasuk di area lava baru dan seluruh area di dalam radius 1,5 km dari kawah Gunung Barujari.

Pendakian diperbolehkan kecuali di seluruh bagian tubuh Gunung Barujari, karena material lava letusan masih bertemperatur tinggi dan tidak stabil, sehingga rawan untuk terjadi rockfall atau longsoran batu.

“Meskipun tidak dapat dipastikan, namun potensi letusan Gunung Rinjani masih ada,” tulis Lalu Zulkarnain dalam laporannya, Sabtu (21/9/2019).

Pendaki yang beraktivitas di luar radius 1,5 km dari Gunung Barujari maupun masyarakat di sekitar Gunung Rinjani diharapkan untuk selalu menyiapkan masker, penutup hidung dan mulut serta pelindung mata agar terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan iritasi mata jika terjadi letusan abu.

Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani diharapkan untuk tetap tenang, namun tetap menjaga kewaspadaan, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Rinjani yang tidak jelas sumbernya.

Sementara itu, terpisah Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) juga menyebut masih terjadi longsoran di beberapa titik jalur pendakian.

baca juga : Jokowi Belum Mau Tanggapi RUU yang Mudahkan Koruptor Bebas

“Masih pak, terutama ke arah danau dan jalur Torean,” ujarnya.

Kendati demikian, Sudiyono menyatakan dari data hasil tim survei, belum dilakukan analisis karena pihaknya masih berkonsentrasi dengan kegiatan konservasi di Hutan Pesugulan.

“Iya, tapi belum dibahas bersama, masih konsentrasi Pesugulan,” ungkapnya.

sumber : detik.com

Load More Related Articles
Load More By farid fadly
Load More In Berita

Baca Juga

Anak Paddare’ Minta Restu ke Tokoh Nasional Muchlis Patahna

Hari ini, (27 September 2019), bertempat di salah satu gedung di Kuningan, Jakarta. Irwans…