JAKARTA, PUBLIKSULTRA.COM – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan diumumkan pada Selasa (9/7).

Menurut laman situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hasil SBMPTN diumumkan pada pukul 15.00 WIB. Hasil pengumuman dapat dicek melalui situs SBMPTN.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan jumlah peserta yang mendaftar SBMPTN pada tahun 2019 mencapai 780.806. Namun, hanya  714.651 orang yang mengikuti Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Jumlah peserta menurut kelompok pilihan Prodi [program studi],  saintek sebanyak 360.329, sosial hukum sebanyak  345.895, dan saintek/soshum  (campuran) sebanyak  8.427 pendaftar,”  ujar Budi dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (8/7).

baca juga : Menag kembali menegaskan tidak akan hapus pendidikan agama

Sementara itu, berdasarkan status pendaftarannya, Budi mengatakan ada 541.338 peserta yang mendaftar melalui jalur reguler. Sedangkan 173.313 lainnya mendaftar melalui jalur bidik misi.

Budi mengatakan belum bisa membeberkan jumlah bangku perguruan tinggi negeri yang diperebutkan melalui SBMPTN tahun ini. Menurutnya data statistik masih terus berubah berdasarkan dinamika yang terjadi.

“Ada beberapa PTN yang calon mahasiswa yang diterima SNMPTN tidak daftar ulang. Sehingga ada pengalihan dan itu masih dikerjakan statistiknya,” kata Budi.

Lebih lanjut, peserta yang dinyatakan lolos akan melakukan tahap selanjutnya yaitu registrasi ulang di masing-masing kampus.

SBMPTN berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN  dilakukan dengan menyaring calon mahasiswa yang berprestasi secara akademik menggunakan nilai rapor SMA dan prestasi lainnya yang berhubunhan dengan program studi yang dipilih.

baca juga : Warga Ternate Masih Bertahan di Bukit Usai Gempa 7,1 SR

Namun dalam penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN, rekam jejak SMA juga dipertimbangkan. Seleksi ini sudah dilaksanakan pada Januari hingga Februari lalu. Dan pengumumannya sudah diumumkan sejak 23 Maret 2019.

Sementara itu SBMPTN merupakan sebuah uji tertulis yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang tidak dapat mendaftar SNMPTN.  Pada tahun ini dilakukan juga dengan seleksi menggunakan hasil dari UTBK yang dilakukan sebelum seleksi SBMPTN. Artinya, calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN harus memiliki nilai UTBK sèbelumnya.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah  dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Sumber : CNN Indonesia /  Editor : HSP

Load More Related Articles
Load More By publiksultra
Load More In Berita

Baca Juga

Saat Erick Thohir Dikira Sebagai Menteri Jokowi

Jakarta, Publiksultra.com – Usai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Jo…